Fraksi Harga baru per 2 Mei 2016                                           Pengumuman Hati Hati Upaya Penipuan                                           Pengumuman Fungsi Add When di Relitrade Next - G                                           Pengumuman Live Relitrade Next - G ( Ver.2.0 ) tgl. 9 Maret 2015                                           PENGUMUMAN PERUBAHAN LOT SIZE DAN FRAKSI HARGA!                                      PENGUMUMAN PENGKINIAN DATA !                                          
Search News

AKR Corporindo Lepas Bisnis Sorbitol Di Tiongkok (AKRA)

Jumat, 08 Desember 2017 | 08:40
reliance-photo
PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) akan menghentikan operasional pabrik sorbitol di Tiongkok sebelum akhir tahun. Penghentian ini sejalan dengan keinginan pemerintah Tiongkok untuk membeli areal pabrik sorbitol yang dikuasai perseroan tersebut.

Director, Group Chief Finance Officer AKR Corporindo Suresh Vembu mengatakan, perseroan sudah menandatangani perjanjian dengan pemerintah Tiongkok terkait pengambilalihan wilayah pabrik sorbitol tersebut. Dengan kesepakatan tersebut, perseroan akan menghentikan operasional pabrik tersebut sebelum akhir tahun 2017.

?Berdasarkan isi perjanjian dengan Pemerintah Tiongkok, kami akan mendapat uang kompensasi sebagai ganti pemberhentian operasional pabrik dan penyerahan wilayah. Uang tersebut mungkin baru dapat perseroan bukukan pada laporan keuangan 2018, karena saat ini masih ada beberapa proses yang perlu diurus,? ujar Suresh saat dihubungi Investor Daily di Jakarta, Rabu (6/12).

Perseroan menggarap bisnis sorbitol melalui anak usahaanya, Khalista (Liuzhou) Chemical Industry Co Ltd. Berdasarkan perhitungan perseroan bahwa kontribusi pabrik tersebut relatif kecil terhadap kinerja keuangan, sehingga divestasi aset tersebut tidak akan berdampak terhadap perseroan.

?Untuk kisaran uang kompensasi yang akan kami raih, harapan akan cukup besar sehingga dapat menjadi sumber dana untuk ekspansi di Indonesia. Cuma nanti kami lihat lagi ya, karena nilainya pasti bergantung dengan pertimbangan kondisi real estate di Tiongkok dan estimasi biaya lainnya,? jelas dia.

Berdasarkan informasi yang beredar, pemerintah Tiongkok akan memberikan uang kompensasi kisaran US$ 80-90 juta dari pelepasan aset pabrik sorbitol tersebut. Dengan demikian, pereroan berpotensi meraup dana segar senilai Rp 1,08 -1,21 triliun.

Sebelumnya, AKR telah mendivestasi tiga entitas usahanya di Tiongkok dengan meraih dana senilai RMB 427,86 juta atau setara dengan Rp 865,56 miliar. Dana hasil divestasi rencananya digunakan untuk membiayai proyek Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

Ketiga anak usaha yang didivestasi tersebut adalah Guangxi Guigang AKR Container Port Co Ltd dengan kepemilikan sebanyak 94,64%, AKR (Guigang) Transshipment Port Co Ltd dengan kepemilikan 78%, dan AKR (Guigang) Port C Ltd dengan kepemilikan 100% saham. Sedangkan bertindak sebagai pembeli sahamnya adalah Beibu Gulf Port Co Ltd.

Suresh Vembu mengatakan, perseroan bersama Beibu Gulf Port Co Ltd telah menandatangani perjanjian pengalihan ekuitas tiga anak usaha yang mengelola Pelabuhan Guigang. ?Setelah penandatanganan perjanjian ini, proses transaksi diyakini dapat selesai dalam kisaran 60-90 hari ke depan. Dana yang akan AKR Corporindo raih mencapai RMB 427,86 juta atau setara dengan Rp 865,56 miliar,? ujar.

Divestasi tersebut, menurut dia, bagian dari startegi perseroan untuk menyusun kembali portofolio bisnis, sehingga perseroan dapat lebih fokus menggarap proyek di Indonesia. Divestasi juga bertujuan untuk membangun kondisi keuangan perseroan lebih kokoh ke depan.(Investordaily)


A
A
A

IDX CHART

Online Trading



call center    verisign

QUOTE

WORLD INDEX

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: views/sidebar_v.php

Line Number: 55

  Index %

EXCHANGE RATE

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: views/sidebar_v.php

Line Number: 85

Code Rate Change %



reliance ksei kpei idx ojk t3b